Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pasien Positif Covid-19 di DKI Bertambah 472 Orang

Nasional Virus Korona
Cindy • 09 Agustus 2020 18:27
Jakarta: Jumlah kasus positif virus korona (covid-19) di DKI Jakarta terus bertambah. Penambahan kasus positif mencapai 472 kasus per hari ini.
 
"Sehingga jumlah kasus konfirmasi positif secara total di Jakarta hari ini sebanyak 25.714 kasus," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Weningtyas Purnomorini, lewat keterangan tertulis, Minggu, 9 Agustus 2020.
 
Wening menyebut pasien sembuh dari covid-19 di DKI juga bertambah signifikan. Penambahan kasus sembuh sebanyak 558 orang, total keseluruhan menjadi 16.268 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan korban meninggal akibat covid-19 bertambah lima orang. Total korban meninggal sebanyak 939 orang.
 
"Dan saat ini jumlah kasus aktif di Jakarta sebanyak 8.507 kasus (orang yang masih dirawat atau diisolasi)," kata Wening.
 
Persentase kasus positif (positvity rate) covid-19 sepekan terakhir di Jakarta masih berada di angka 7,4 persen. Wening menyebut angka tersebut lebih rendah ketimbang positivity rate secara nasional yakni 15,5 persen.
 
Baca: Positivity Rate Covid-19 Indonesia Mencapai 12,9%
 
Namun berdasarkan standar organisasi kesehatan dunia (WHO), positivity rate tidak boleh melebihi lima persen. Persentase kasus positif ini hanya bisa dianggap valid bila standar jumlah tes yang dilakukan telah terpenuhi.
 
"Bila jumlah tesnya sedikit (tidak memenuhi standar WHO), maka indikator persentase kasus positif patut diragukan," ujarnya.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 4.827 spesimen hari ini. Sebanyak 4.102 di antaranya digunakan untuk mendiagnosis kasus baru.
 
"Dengan hasil 472 positif dan 3.630 negatif covid-19. Sebanyak 88 kasus adalah akumulasi data dari hari sebelumnya yang baru dilaporkan," kata Wening.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif