Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Cindy.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Cindy.

Anies Diminta Melengkapi Permohonan PSBB

Nasional dki jakarta Virus Korona virus corona
Sri Yanti Nainggolan • 07 April 2020 05:40
Jakarta: Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melengkapi berkas pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PBSS) DKI Jakarta. Hal tersebut tertuang dalam surat Menteri Kesehatan RI Nomor KK.01.01/Menkes/227/2020 Perihal Usulan Penetapan PSBB di Wilayah DKI Jakarta.
 
"Mohon saudara dapat melengkapi data dan dokumen pendukung permohonan penetapan PSBB paling lambat dua hari sejak menerima pemberitahuan ini," demikian tertulis dalam surat tersebut, Senin, 6 April 2020.
 
Baca:DKI Ajukan Status PSBB Hari Ini

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam surat tersebut, Terawan meminta Anies menyertakan data dan dokumen pendukung. Misalnya mengenai peningkatan jumlah kasus positif korona dan penyebaran kasus menurut waktu, berikut kejadian transmisi lokal, serta kesiapan daerah tentang aspek ketersediaan kebutuhan dasar hidup rakyat.
 
Selain itu, dibutuhkan juga data sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial, dan aspek keamanan. Tidak dijelaskan secara rinci bagian mana yang perlu dilengkapi. Surat tersebut keluar pada Minggu, 5 April dan telah ditandatangani oleh Terawan.
 
Anies telah mengajukan penetapan PSBB di wilayah Jakarta pada Selasa, 2 April 2020 dengan sejumlah pengecualian. Permintaan terkait pengendalian kawasan seperti tertera di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020.
 
Dalam aturan itu, disebutkan gubernur hanya bisa mengatur pergerakan dalam satu provinsi. Sementara, episentrum covid-19 tersebar di wilayah Jawa Barat dan Banten.
 
"Kami mengusulkan agar ada kebijakan tersendiri untuk kawasan Jabodetabek di mana batas-batas administrasi pemerintahan berbeda," kata Anies.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif