Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

RS di Jakarta Dipastikan Tak Jual Surat Bebas Covid-19

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 18 Mei 2020 14:58
Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan tak ada rumah sakit di Ibu Kota yang menjual surat sehat covid-19. Dinkes bakal terus mengawasi praktik kotor tersebut.
 
"Belum ada, belum ada. Semoga tidak ada," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Weningtyas saat dihubungi, Senin, 18 Mei 2020.
 
Dinkes sudah melakukan pengawasan di lima wilayah. Meski tak langsung ke setiap rumah sakit, kata Weningtyas, Dinkes menjamin koordinasi yang dilakukan suku dinas efektif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penjual Surat Bebas Covid-19 Ditangkap Polisi
 
Dinkes DKI tidak segan mencabut izin klinik atau rumah sakit yangterbukti menjual surat palsu tersebut. Hal itu sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik.
 
"Mulai dari sanksi administratif sampai pencabutan izin. Kalau ditemukan, dibawa ke ranah hukum saja," kata dia.
 
Sebelumnya, surat keterangan bebas covid-19 dari Rumah Sakit Mitra Keluarga diperjualbelikan di toko daring. Tangkapan layar penjualan surat itu kemudian tersebar di aplikasi percakapan WhatsApp.
 
Dalam unggahan tersebut, surat bebas covid-19 dijual dengan harga Rp70 ribu dan sudah dilihat 14 akun pembeli. Foto surat itu berlabel www.suratdokterindonesiaaa.blogspot.com.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif