Sejumlah penumpang bersiap menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa,  12 Mei 2020. Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Sejumlah penumpang bersiap menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 12 Mei 2020. Foto: Antara/Fakhri Hermansyah

Bus Alternatif Penumpang KRL Beroperasi Jumat dan Senin

Nasional Virus Korona PSBB
Cindy • 16 Mei 2020 11:14
Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana terus menyediakan angkutan bus alternatif bagi penumpang kereta rel listrik (KRL). Bus alternatif disediakan guna mengurangi kepadatan penumpang selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
 
"Rencana setiap Jumat dan Senin (disediakan angkutan bus alternatif bagi penumpang KRL)," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BPTJ Budi Rahardjo kepada Medcom.id, Sabtu, 16 Mei 2020.
 
Budi menuturkan penumpukan penumpang KRL kerap terjadi pada Senin pagi dan Jumat sore. Masyarakat kerap memaksakan diri untuk menggunakan KRL meski kapasitas penumpang telah melebihi batas 35 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menyikapi hal itu, BPTJ menyediakan angkutan bus alternatif pada Jumat, 15 Mei 2020, dengan jadwal keberangkatan sore hari pukul 16.00-16.30 WIB. Pada Senin, 18 Mei 2020, bus beroperasi dengan jadwal keberangkatan pagi hari pukul 05.00-06.00 WIB.
 
Setelah itu, pihaknya akan mengevaluasi kondisi di lapangan. Bila penyediaan bus alternatif mampu mengurai kepadatan penumpang, BPTJ akan terus menyediakan bus selama masa PSBB.
 
Bus Alternatif Penumpang KRL Beroperasi Jumat dan Senin
 
Baca: Bus Alternatif Disiapkan untuk Cegah Penumpukan Penumpang KRL
 
"Dimungkinkan ada perubahan (jadwal operasional, unit bus yang disediakan) tergantung dari evaluasi dan situasi kondisi," ujar Budi.
 
Pada 18 Mei, bus akan disediakan untuk jadwal keberangkatan pada pukul 05.00-06.00 WIB dengan rute Bogor-Jakarta. Titik keberangkatan berada di Stasiun Bogor menuju Stasiun Dukuh Atas Sudirman dengan jumlah armada lima bus.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif