Hewan sapi. Foto: MI/Ramdani
Hewan sapi. Foto: MI/Ramdani

Hewan Ternak yang Masuk Jakpus Wajib Punya Surat Bebas PMK

Christian • 23 Mei 2022 18:08
Jakarta: Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Pusat mengawasi ketat hewan ternak yang dikirim ke wilayahanya. Pedagang hewan ternak harus mengantongi surat bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
"Kita sudah rapat, kita akan awasi tempat penjualan hewan kurban dan tempat penampungan lebih ketat. Terlebih nanti jelang iduladha," ucap Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti, di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin, 23 Mei 2022.
 
Dia menerangkan hewan ternak yang dibawa dari luar Jakarta Pusat wajib membawa surat bebas PMK dari daerah asal. Hewan ternak pedagang yang tak memiliki surat tersebut tak bisa masuk Jakarta Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari data yang kita ketahui bahwa daerah Jawa Timur itu banyak yang terjangkit. Yang jelas pedagang hewan wajib mengurus surat izin masuk ke Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tingkat kota," terang Penty. 
 
Baca: Wabah PMK Merebak, Seleksi Sapi Kurban Presiden Diperketat
 
Penty mengaku sosialisasi perihal perlindungan ternak dari serangan PMK terus dilakukan. Selain itu jajarannya juga melakukan pemantauan. 
 
Dia mengungkap telah melakukan pengecekan di 21 titik di Jakarta Pusat. Penty menyebut bila ada hewan yang ditemukan terkena PMK maka harus dikarantina selama 14 hari.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif