Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Vaksin Covid-19 Disimpan di 44 Puskesmas DKI

Nasional dki jakarta Virus Korona pemprov dki vaksinasi vaksin covid-19
Sri Yanti Nainggolan • 14 Januari 2021 16:51
Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah mendistribusikan vaksin covid-19 ke 44 puskesmas pada lima kota administrasi dan satu kabupaten. Vaksinasi bakal dilakukan di rumah sakit (RS) maupun puskesmas. 
 
"Setelah dibagi sesuai kecamatan, puskesmas akan membagi ke fasilitas kesehatan di kecamatan," terang Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti dalam media briefing, Kamis, 14 Januari 2021. 
 
Ia mencontohkan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) akan mendapat vaksin dari Puskesmas Senen, Jakarta Pusat. Kemudian, RSUD Kramat Jati mendapatkan dari Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: RS Rujukan Covid-19 di DKI Terisi 80 Persen, Warga Diminta Waspada
 
Puskesmas dijadikan sebagai tempat penyimpanan vaksin karena berpengalaman menjaga vaksin secara umum. Puskesmas memiliki peralatan rantai dingin (cold chain) dengan suhu 2 hingga 8 derajat Celsius untuk menjaga kualitas vaksin. 
 
"Ada 44 puskesmas yang terakreditasi untuk menjaga di cold chain, supaya tidak terjadi penurunan kualitas vaksin," kata dia.  
 
Terdapat 488 fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi covid-19 di Jakarta. Mereka terdiri dari RSUD, RS vertikal/TNI/Plori, RS swasta, puskesmas, dan klinik pemerintah/swasta.
 
DKI Jakarta menerima 120.040 dosis vaksin covid-19. Pengiriman dilakukan melalui tiga tahap, yakin pada 4 Januari, 7 Januari, dan 11 Januari 2021. Vaksin kemudian didistribusikan ke setiap puskesmas kecamatan. 
 
"Masing-masing puskesmas mendapat seusai dengan data yang diterima dari Kementerian Kesehatan, sesuai kelompok berdasarkan kota," kata Widyastuti. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif