TransJakarta Usahakan Bus Listrik Hadir di Asian Games
Bus TransJakarta. Foto: MI/Arya Manggala.
Jakarta: PT Transportasi Jakarta berupaya bus listrik hadir pada Asian Games, Agustus 2018. Namun, saat ini TransJakarta masih mengkaji konsep bus listrik yang tepat buat Ibu Kota. 

"Kita usahakan (beroperasi di Asian Games)," kata Kepala Humas PT Transportasi Jakarta Wibowo kepada Medcom.id, Jakarta, 3 Mei 2018.

Menurut dia, untuk pengadaan bus listrik ini, pihaknya harus mencari bus baru, bukan modifikasi bus lama. Sementara itu, pabrikan bus TransJakarta seperti Scania, Volvo, Mercedes Benz, dan Hino masih mengandalkan bus berbahan bakar solar. 


PT TransJakarta bekerja dengan lembaga internasional dan dalam negeri mencari skema bus listrik terbaik. Bus listrik yang digunakan juga akan disesuaikan dengan regulasi Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) dan Komite Olimpiade Asia.

Penyelenggara menyepakati tidak ada kendaraan berbahan bakar fosil mengelilingi venue pertandingan. Rencananya, ke depan, masyarakat Jakarta juga bisa mempergunakan bus listrik ini dalam kegiatan sehari-harinya. 

“Setelah Asian Games bisa dipakai (publik),” tutur Wibowo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menantang Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk menerapkan bus listrik di DKI Jakarta. Jokowi mencontoh penerapan di Tiongkok.

Baca: TransJakarta Masih Kaji Bus Listrik

Ia menuturkan saat ini Tiongkok sedang gencar mengubah jenis transportasinya. Transportasi berbahan bakar fosil diganti dengan transportasi berbahan bakar listrik. 

Sejak 2012, hampir 100 persen bus dan angkutan umum di kota-kota Tiongkok sudah tergantikan dengan bus listrik. Pemerintah Tiongkok juga mengganti sekitar 100 ribu bus listrik setiap tahun.

"Ini dimulai dari Jakarta dulu. Di sini hadir Pak Wagub ganti jadi bus listrik," tutur Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id