Kondisi Kali Bekasi yang tercemar limbah di jembatan Bendungan Bekasi, Bekasi, Jawa Barat. Foto: MI/Pius Erlangga.
Kondisi Kali Bekasi yang tercemar limbah di jembatan Bendungan Bekasi, Bekasi, Jawa Barat. Foto: MI/Pius Erlangga.

Normalisasi Kali Bekasi Terhalang Lahan

Nasional normalisasi
Gana Buana • 17 Mei 2019 10:09
Jakarta: Normalisasi Kali Bekasi, Jawa Barat, masih menemukan kendala. Proyek ini baru bisa berlangsung juga Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi membebaskan lahan di sepanjang bantaran sungai.
 
"Itu syarat utama agar Kali Bekasi bisa dinormalisasi. Kami akan segera melayangkan surat permohonan ke Wali Kota Bekasi Pak Rahmat Effendi untuk membebaskan lahan," kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Menurut dia, rencana normaliasi sudah disusun pihaknya, pekan lalu. Normalisasi Kali Bekasi sama dengan normalisasi Kali Ciliwung di DKI Jakarta. Meskipun belum seluruhnya tuntas, proses normalisasi tetap dilakukan, berbarengan dengan pembebasan lahan di bantaran sungai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usulan normalisasi kali, kata Bambang, harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya studi kelayakan, desain analisis mengenai dampak lingkungan, dan kesiapan lahan. Khusus untuk penyediaan lahan, jika terkendala dana, BBWSCC memberikan alternatif lain.
 
"Kalau anggaran keuangan Pemerintah Kota Bekasi tidak mencukupi atau tidak sanggup, Wali Kota bisa merundingkan hal ini dengan pemerintah pusat, dirjen (direktur jenderal), atau menteri," ungkap dia.
 
Kesulitan dana
 
Pemkot Bekasi mengaku belum mengetahui adanya usulan pembebasan lahan yang diminta dari BBWSCC. Meski demikian, Pemkot mendukung selama program dari pemerintah pusat itu bertujuan positif, khususnya demi kenyamanan di Kali Bekasi.
 
"Sampai saat ini kami belum menerima permohonan pembebasan lahan di bantaran Kali Bekasi," kata Kepala Seksi Perencanaan dan Pengadaan Lahan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kota Bekasi, Usman Sufirman.
 
Baca: Kali Bekasi Perlu Dinormalisasi
 
Usman memastikan untuk saat ini Pemkot Bekasi tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membebaskan lahan di sepanjang bantaran Kali Bekasi. Untuk itu, mereka akan berunding dengan pemerintah pusat sehingga bisa mendapat sokongan dana yang mencukupi.
 
"Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan masih ada yang belum terbayar karena anggaran yang tersedia tidak mencukupi. Apalagi untuk pembebasan lahan di bantaran Kali Bekasi, dananya sama sekali belum tersedia," tandas Usman.
 
Di Kota Bekasi terdapat tiga sungai, yakni Sungai Cakung, Sungai Bekasi dan Sungai Sunter, serta sejumlah anak sungai. Sungai atau Kali Bekasi mempunyai hulu di Sungai Cikeas.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif