Polisi bersama anjing pelacak tengah mengamankan misa Natal 2018 di Gereja Katedral, Jakarta, Senin, 24 Desember 2018. Foto: Medcom.id/Syahrul
Polisi bersama anjing pelacak tengah mengamankan misa Natal 2018 di Gereja Katedral, Jakarta, Senin, 24 Desember 2018. Foto: Medcom.id/Syahrul

Sterilisasi Katedral Dilakukan Berlapis

Nasional natal dan tahun baru
Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 Desember 2018 19:34
Jakarta: Enggan kecolongan, kepolisian melakukan pengamanan berlapis di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, malam ini. Pengamanan dilakukan agar jemaat yang tengah melakukan misa Natal 2018 tak khawatir.
 
Pantauan Medcom.id, sejak pukul 13.00 WIB atau menjelang misa pertama, aparat kepolisian sudah melakukan sterilisasi. Proses sterilisasi sejatinya dimulai pukul 15.00 WIB. Pemajuan dilakukan lantaran jemaat sudah mulai berdatangan.
 
Aparat yang menjaga keamanan terdiri atas tim penjinak bom sebanyak 10 personel dan unit K-9 atau anjing pelacak. Mereka berkoordinasi dengan aparat keamanan internal gereja.
"Sterilisasi dilakukan mulai dari pintu depan hingga area utama gereja," kata Muji, ketua Tim Penjinak Bom Gegana Polda Metro Jaya, Senin, 24 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasilnya, tak ditemukan benda mencurigakan. Meski begitu, kata Muji, sterilisasi tetap akan terus dilakukan sebelum misa dimulai. Terutama saat pergantian jemaat yang keluar dan yang masuk.
 
"Bila memungkinkan kita akan melakukan dua kali sterilisasi. Pergantian antarjemaat yang keluar dan masuk itu waktunya sangat sempit. Kalau dimungkinkan kita laksanakan sterilisasi kembali,” kata dia.
 
Selama sterilisasi, polisi mengoptimalkan pada pemeriksaan orang per orang. Polisi akan memeriksa barang yang dibawa setiap orang yang masuk gereja.
 
Misa natal di Gereja Katedral dimulai pukul 17.00 WIB. Misa juga akan dilangsungkan pada pukul 20.00 WIB dan 22.00 WIB.
 


 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif