Ilustrasi DKI Jakarta/Medcom.id/Nur.
Ilustrasi DKI Jakarta/Medcom.id/Nur.

Sepekan Terakhir, Klaster Keluarga Sumbang Kasus Covid-19 Tertinggi di DKI

Nasional dki jakarta Virus Korona Klaster Keluarga
Hilda Julaika • 21 Januari 2021 05:21
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membeberkan data penularan covid-19 sepekan terakhir. Klaster keluarga menjadi penyumbang kasus tertinggi.
 
“Berdasarkan data yang dihimpun dari tanggal 11–17 Januari 2021, proporsi klaster keluarga terus meningkat dari pekan-pekan sebelumnya, yaitu 44%, dari sebelumnya 40%, 41%, dan 43%,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, Rabu, 20 Januari 2021.
 
Sementara itu, penyebaran covid-19 di klaster perkantoran dilaporkan menurun. Persentase penurunan 2,7% sepekan terakhir. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Puncak Penambahan Kasus Covid-19 di Jakarta Diprediksi Terjadi pada 17-31 Januari
 
Dia mengatakan kenaikan kasus covid-19 dari klaster keluarga merupakan dampak libur panjang akhir tahun 2020. Tercatat, ada 442 klaster keluarga dengan 1.241 kasus positif dalam periode 3-17 Januari 2021.
 
Dwi mengatakan mayoritas pasien melakukan perjalanan dari Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Banten. Umumnya, warga terpapar covid-19 menggunakan kendaraan pribadi.
 
Pihaknya memprediksi penambahan kasus dampak libur panjang yakni pada periode 17-31 Januari 2021. Dwi meminta seluruh pihak mewaspadai peningkatan kasus covid-19 pada klaster keluarga. 
 
Masyarakat diminta mengetatkan penerapan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan. Selain itu, perlu juga mengingatkan sesama agar selalu menerapkan protokol kesehatan.
 
“Bagi warga yang sudah memiliki hasil positif dari pemeriksaan covid-19 dapat menghubungi Puskesmas terdekat untuk dapat ditentukan kondisi keluhannya," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif