Ilustrasi bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta. Medcom.id/Yurike Budiman
Ilustrasi bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta. Medcom.id/Yurike Budiman

DKI Jakarta

Perda Penanggulangan Covid-19 Jamin Pemberian Bansos Selama Pandemi

Nasional dki jakarta Virus Korona Bantuan Langsung Tunai
Kautsar Widya Prabowo • 20 Oktober 2020 11:46
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat terdampak covid-19. Hal ini diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Covid-19.
 
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial bagi masyarakat terdampak covid-19 melakukan upaya perlindungan sosial," dikutip Medcom.iddalam Pasal 29 ayat (1) Perda Penanggulangan Covid-19, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Perlindungan sosial berupa bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak. Bansos dapat berupa bantuan tunai atau nontunai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Termasuk warga yang terkonfirmasi covid-19 yang melakukan isolasi mandiri melalui mekanisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tertulis di Pasal 29 ayat (2).
 
(Baca: Perda Covid-19 DKI Tak Terapkan Sanksi Kurungan)
 
Masyarakat terdampak covid-19 yaitu warga dengan kartu tanda penduduk (KTP) DKI atau non-DKI dengan penghasilan kurang dari Rp5 juta per bulan. Lalu, masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan dengan pengurangan atau tidak menerima gaji.
 
Kemudian, masyarakat yang usahanya gulung tikar. Serta pedagang yang mengalami penurunan omzet secara drastis sejak pandemi covid-19.
 
Distribusi bansos dilakukan selama masa pandemi covid-19 berlangsung. Namun, tidak menutup kemungkinan diperpanjang sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif