Pengendara motor hingga sopir truk dihukum menyapu jalanan karena tidak memakai masker - Medcom.id/Yurike Budiman.
Pengendara motor hingga sopir truk dihukum menyapu jalanan karena tidak memakai masker - Medcom.id/Yurike Budiman.

Pelanggar PSBB di Jakut Disanksi Menyapu Jalan

Nasional Virus Korona PSBB
Yurike Budiman • 28 Mei 2020 19:37
Jakarta: Sebanyak 20 pengendara motor dan mobil hingga sopir truk di ruas Jalan R.E. Martadinata Pademangan, Jakarta Utara (Jakut) terjaring razia penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Mereka dirazia karena tidak memakai masker.
 
Razia digelar petugas gabungan dari Satlantas Jakarta Utara, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub). Para pelanggar yang kedapatan tidak menggunakan masker langsung didata petugas dan menjalani hukuman membersihkan fasilitas umum seperti menyapu trotoar dan membersihkan pembatas jalanan.
 
Tak hanya memastikan para pengendara mematuhi peraturan memakai masker, petugas gabungan mengecek para penumpang agar tetap menjaga jarak di dalam kendaraan. Para pengendara yang disanksi menggunakan rompi khusus bertuliskan 'Pelanggar PSBB'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Lokasi Cek Poin PSBB di Jakut Ditambah
 
Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Perhubungan Kecamatan Pademangan, Zulkifli M, mengatakan penindakan yang diberikan kepada pelanggar PSBB berupa sanksi sosial ini tercantum dalam Pergub Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan Pergub Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar Dan/Atau Masuk Provinsis DKI Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).
 
"Adapun pelaksanaan ini di pos pantau di jalur bintang mas, di mana ada pengecekan baik kendaraan umum, kendaraan pribadi maupun roda dua, terhadap pengemudi atau pengguna jalan yang tidak memakai masker," kata Zulkifli saat ditemui di pos cek poin PSBB, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Petugas tidak segan memberikan sanksi tegas jika dalam pemeriksaan pengendara kedapatan tidak memakai masker. Termasuk tidak menjaga jarak.
 
"Kita ambil KTP-nya dengan bantuan Satpol PP dan polisi, kita data dan kita berikan sanksi seperti sanksi sosial seperti menyapu jalan, lap pembatas jalan di kali, tujuannya untuk memberikan efek jera kepada masyarakat," kata dia.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif