Mini eskavator Sudin SDA Kota Jakarta Selatan dikerahkan mengevakuasi material longsor di saluran phb Jagakarsa pascalongsor, Rabu, 16 September 2020. Foto: Antara/Laily Rahmawaty
Mini eskavator Sudin SDA Kota Jakarta Selatan dikerahkan mengevakuasi material longsor di saluran phb Jagakarsa pascalongsor, Rabu, 16 September 2020. Foto: Antara/Laily Rahmawaty

Longsor Turap Jagakarsa Dipicu Saluran Cuci Piring Warung

Nasional longsor bencana
Antara • 17 September 2020 06:00
Jakarta: Longsor turap saluran penghubung di Jagakarsa, Jakarta Selatan, tidak cuma disebabkan hujan lebat. Erosi tanah diduga juga dipicu saluran pembuanganair pencucian piring dan toilet dari warung makan di bantaran turap.
 
"Pagi tadi saya lihat kok ada aliran tanah yang di talud. Ini saya curiga dari cucian kuliner. Setelah hujan lebat sehingga potensi untuk terjadi gerakan (erosi)," kata Kepala Suku Dinas Sumbar Daya Air (SDA) Jakarta Selatan Mustajab di Jakarta, Rabu, 17 September 2020.
 
Menurut dia, warung dibangun di atas turap tanpa menyisakan jarak dua atau tiga meter dari bibir saluran.Turapyang didirikan Sudin SDA sejak 2015itu tidak dirancang untuk menahan bangunan vertikal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut informasi lurah dan camat, bangunan itu dibangun di atas lahan warga, tapi kita tidak mengetahui pasti lebar tanah mereka," ujar dia.
 
Sudin SDA menemukan indikasi saluran pembuangan warung makan menembus turap. Waktu tiga hari dibutuhkan untuk mengevakuasi material longsor kemudian dilanjutkan dengan perbaikan yang diperkirakan berlangsung tiga pekan.
 
Baca: Lima Warung Makan di Jagakarsa Rusak Akibat Longsor
 
"Nanti kita kasih warning bahwa bangunan ini rawan untuk terjadi longsor. Kalau mau buat bangunan agak mundur jangan membebani turap kita," kata Mustajab.
 
Longsor terjadi Selasa, 15 September 2020, sekitar pukul 18.30 WIB. Sedikitnya ada lima kafe atau warung makan dan satu musala di Jalan Raya Jagakarsa yang rusak tergerus longsor.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif