NEWSTICKER
Alat yang terpasang  delapan tahun lalu itu sebelumnya tidak pernah berfungsi ketika banjir datang. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
Alat yang terpasang delapan tahun lalu itu sebelumnya tidak pernah berfungsi ketika banjir datang. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

Sirine Bencana Bidara Cina Akhirnya Bersuara Kala Banjir

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Zaenal Arifin • 20 Februari 2020 23:01
Jakarta: Alat disaster warning system (DWS) atau sirine peringatan bencana di Pos RW 07 Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur, berfungsi untuk pertama kalinya. Alat yang terpasang delapan tahun lalu itu sebelumnya tidak pernah berfungsi ketika banjir datang.
 
"Tadi sore bunyi. Sebelumnya kan pernah empat kali bunyi, tapi enggak pernah bunyi pas banjir. Jadi baru hari ini pertama bunyi pas banjir," kata Ketua RW 07 Mamat Sahroni di lokasi banjir, Bidara Cina, Jakarta Timur, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Meski akhirnya bersuara, volume bunyi sirine yang dikeluarkan dari empat sirine itu dinilai Mamat tak maksimal. Radius suara sirine tak sampai 200 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jauh lebih kencang TOA Masjid," ungkap Mamat.
 
Volume alat peringatan bencana ini tidak sepadan dengan luas wilayah RW 07 yang mencakup 18 rukun tetangga (RT). Apalagi, 12 RT terdampak banjir hari ini.
 
Sirine Bencana Bidara Cina Akhirnya Bersuara Kala Banjir
Warga Bidara Cina, Jakarta Timur, mengungsi akibat banjir Kamis malam, 20 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

 
Mereka lebih mengandalkan pengalaman puluhan tahun jadi korban banjir luapan Kali Ciliwung. Ketimbang menunggu peringatan dari sirine, warga Bidara Cina lebih reaktif ke informasi tinggi muka air di Bogor dan Depok.
 
"Dari sebelum air naik jam 3 sore tadi, warga sudah pasang tali tambang untuk bantu proses evakuasi pas air makin naik. Jadi sudah antisipasi," tuturnya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif