Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)

BPN Minta DKI Manfaatkan Tanah Terlantar

Nasional sengketa tanah
Intan fauzi • 11 Agustus 2016 20:12
medcom.id, Jakarta: Pemerintah Provinsi DK Jakarta diminta memanfaatkan tanah terlantar untuk pembangunan dan kepentingan umum. Cara itu dapat meminimalisir penyerobotan lahan.
 
Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengatakan, banyak lahan yang terlantar merusak keindahan kota.
 
"Tanah sengketa di seluruh Indonesia, sampai statusnya jelas akan dimanfaatkan untuk kepentingan umum. Tanah terlantar merusak keindahan kota," kata Sofyan usai melakukan koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sofyan minta lahan terlantar dimanfaatkan sebagai fasilitas umum. "Kalau statusnya sudah jelas kembalikan pada pemiliknya. Bisa dibikin taman, jogging track, ini dalam rangka keindahan kota," ujar Sofyan.
 
Ahok menyambut baik permintaan Menteri Sofyan. Sebab, masalah sengketa tanah di DKI kerap berproses sangat lama.
 
"Di jalan protokol seperti di Kuningan, tanah enggak bisa dipakai karena sedang sengketa. Kadang sengketa bukan dua pihak, tapi sepuluh pihak, pusing kita," kata Ahok.
 
Ahok berencana menggunakan tanah terlantar untuk taman, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), lahan parkir, atau digunakan oleh pedagang kaki lima (PKL). "Sehingga Jakarta tidak ada lagi lokasi kumuh karena tanah terlantar," ujar Ahok.

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif