Ilustrasi Partai NasDem. Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Ilustrasi Partai NasDem. Medcom.id/Rakhmat Riyandi.

NasDem Sebut Penggusuran Sunter Bak Buah Simalakama

Nasional penggusuran
Sri Yanti Nainggolan • 18 November 2019 19:28
Jakarta: Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Fraksi NasDem Nova Harivan Paloh menganggap pendekatan Pemprov DKI dengan masyarakat terkait penggusuran di Sunter kurang maksimal. Waktu dua bulan dinilai tak cukup menyosialisasikan penggusuran itu.
 
"Mungkin seharusnya setahun sebelumnya Pemprov DKI sosialiasi dulu untuk direlokasi," kata Nova saat dihubungi, Senin, 18 November 2019.
 
Nova menilai penggusuran ini dilematis dan bak memakan buah simalakama bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies berjanji tak akan menggusur warga saat kampanye pemilihan gubernur. Sementara penggusuran bertujuan menata saluran air, pedestrian, dan pembangunan jalan.
 
"Kalau orang punya janji kampanye kan boleh aja. Tapi kalau dituntut program prioritas mau gimana?" kata dia.
 
Nova menegaskan program prioritas harus tetap berjalan. Ia memperingatkan Pemprov DKI menyediakan tempat layak bagi korban penggusuran. Pemerintah juga harus menggunakan pendekatan yang persuasif.
 
Sebelumnya beredar rekaman video penggusuran berujung kericuhan di Sunter pada Kamis, 14 November 2019. Penertiban bangunan liar yang dilakukan personel gabungan Kepolisian, Satpol PP, dan PPSU itu ditolak pemilik bangunan.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim penggusuran di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, telah disosialisasikan sebelumnya. Proses pembongkaran rumah juga melibatkan warga sekitar.
 
"Sesuai sudah dikomunikasikan lebih dari dua bulan (lalu) dan itu sepengetahuan mereka," kata Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 18 November 2019.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif