Warga Taman Kota Menolak Direlokasi ke Rusun
Warga Taman Kota, Jakarta Barat melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Warga Taman Kota Jakarta Barat menolak direlokasi ke rumah susun. Usai musibah kebakaran, mereka lebih memilih mendirikan tenda di atas tanah negara itu.
 
"Kita ini baru kena musibah. Sudah jatuh tertimpa tangga," kata Ketua RT 16 RW 05 Taman Kota, Darsono saat melakukan aksi unjuk rasa di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Mei 2018.
 
Dia mengungkapkan, pada Kamis 29 Maret 2018, warga Taman Kota, Jakarta Barat tertimpa musibah kebakaran. 400 Kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.
 
25 April 2018, selembar surat sampai di tangan warga. Kertas tersebut adalah surat peringatan pertama dari Kecamatan Kembangan.

Baca: 400 Rumah di Taman Kota Terbakar, 2 Petugas Terluka

Isinya, warga diberi waktu satu Minggu untuk meninggalkan wilayah itu. Warga jelas menolak. Menurutnya, pemberian SP tidak tepat waktu. "Kita minta agar pemerintah tidak dipindahkan kami. Kami sudah menempati ini sejak 1970," kata dia.
 
Surat peringatan pertama berakhir hari ini. Surat tersebut akan naik tingkat menjadi SP dua. "Kami menolak SP1 karena tidak  ada tembusan gubernur. Kita harap pemerintah mengizinkan kami untuk tinggal di sana," ungkapnya.
 
Sebetulnya, Pemprov DKI Jakarta tidak serta Merta mengusir warga. Mereka bakal dipindahkan ke Rusun Rawa Buaya, Jakarta Barat.
 
Namun tetap saja tawaran itu ditolak. Alasannya, relokasi akan berdampak pada ekonomi dan pendidikan anak-anak.
 
Lagi pula, dari 132 KK, baru 13 orang yang terdaftar mendapatkan rusun. Mereka mengaku 13 orang ini pun didesak untuk ikut mendaftar rusun. "Ada 132 KK. Tapi ini baru yang rumah biasa, belum lagi yang kontrakan," ungkapnya.
 
Hingga kini, warga masih bertahan dengan tenda-tenda ala kadarnya. Mereka mengaku bakal terus berada di sana sampai mendapatkan kepastian.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id