Ilustrasi antrean tol/ANT/Andika Wahyu
Ilustrasi antrean tol/ANT/Andika Wahyu

Tarif Baru Tol Jagorawi Berlaku 8 September

Nasional tarif tol
Annisa ayu artanti • 06 September 2017 08:05
medcom.id, Jakarta: PT Jasa Marga Tbk memberlakukan tarif baru untuk Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, perubahan tarif tol ditetapkan melalui Surat Keputusan menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor:692/KPTS/M2017 tanggal 31 Agustus 2017.
 
"Sehingga tarif tol yang berlaku mulai tanggal 8 September 2017 pukul 00.00 WIB berubah," kata Dwimawan melalui keterangan tertulis, Rabu 6 September 2017.
 
Tarif untuk golongan I akan menjadi Rp6.500, golongan II menjadi Rp9.500, golongan III menjadi Rp13.000, golongan IV menjadi Rp16.000, dan golongan V menjadi Rp19.500. Dwimawan menjelaskan, perhitungan satu tarif merata dihitung berdasarkan rata-rata panjang perjalanan atau Average Trip Lenght (ATL) dikalikan tarif per Kilometer (Km).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara sistem transaksi pembayaran bakal diberlakukan dengan sistem transaksi terbuka. Sebelumnya, sistem yang berlaku di Tol Jagorawi ialah terbuka dan tertutup.
 
"Perubahan sistem transaksi ini adalah agar meningkatkan kenyamaan perjalanan, dengan mengurangi frekuensi berhenti untuk transaski di gerbang tol dari dua kali menjadi satu kali," jelas dia.
 
Sistem terbuka diyakini mampu menghilangkan antrean. Tak hanya itu, pengguna tol pun dipastikan merasakan perubahan dalam jumlah pembayaran.
 
"Konsekuensi diberlakukan sistem transkasi terbuka dengan satu tarif merata adalah pengenaan tarif tol untuk jarak jauh atau diatas rata-rata panjang perjalanan ATL akan terasa adanya penurunan tarif. Sedangkan untuk jarak dekat akan terasa adanya kenaikan," ucap dia.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif