Lurah Pesanggrahan Yakin Banjir tak Lagi Mampir

M Sholahadhin Azhar 12 Oktober 2018 16:24 WIB
banjir jakarta
Lurah Pesanggrahan Yakin Banjir tak Lagi Mampir
Ilustrasi Kali Pesanggrahan. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Jakarta: Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, masuk kategori rawan banjir versi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Namun, Lurah Pesanggrahan Saryati optimistis wilayah kerjanya sudah tak akan terendam banjir.

"Oleh karenanya kita tidak ada anggaran penanggulangan banjir," kata Saryati saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 12 Oktober 2018.

Ia menyebut Kali Pesanggrahan telah dinormalisasi dan tak mengalami banjir. Hanya sedikit wilayah di bantaran kali yakni RT 001/RW 01 yang terdampak. Itu pun hanya lima rumah.


Jika hujan terus-menerus, ia mengakui daerah tersebut bakal terendam air limpahan sungai. "Dan di wilayah RT 001/RW 03, RT 008/RW.02,RT 001,002/RW.06, kalau hujan terus menerus ada genangan yang berasal dri kali, tetapi cepat surut tidak sampai bermalam," ujarnya.

Baca: Ratusan Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir

Sebagai ganti anggaran penanggulangan banjir, Saryati mengalokasikan dana untuk pemeliharaan sungai. Ada perawatan sungai bersama warga dan kerja sama dengan akademisi sekitar. Semua warga di 8 RW dan 85 RT diajak bersama membersihkan sungai.

Selain itu, Saryati juga menyebut alokasi dana besar juga dikerahkan untuk membangun penampungan air. "Kita sekarang sudah punya dua danau penampungan air," tandasnya.

Kawasan kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dikategorikan sebagai wilayah rawan banjir. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah menyebut ada 21 kelurahan di wilayah itu yang bakal terdampak.

Selain itu, ada 100 kelurahan lain yang terdampak, wilayah-wilayah itu berada di sepanjang kali yang belum di normalisasi. Rinciannya, Kali Angke (enam kelurahan), Kali Krukut (12 kelurahan), dan Kali Ciliwung (28 kelurahan).
 
Sementara di Kanal Banjir Barat ada 10 kelurahan yang terancam, di Kali Ciliwung Lama ada sembilan kelurahan, Kali Sunter ada 23 kelurahan, Kali Cipinang ada 12 kelurahan. Dan delapan kelurahan di sekitar Cengkareng Drain.



(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id