Pintu Air Manggarai Bakal Dipasang Jaring Sampah

Nur Azizah 16 November 2018 15:27 WIB
banjir jakarta
Pintu Air Manggarai Bakal Dipasang Jaring Sampah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal memasang jaring sampah di pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Jaring tersebut diharapkan dapat mengurangi sampah masuk ke sungai-sungai di Jakarta.

"Sudah kita siapkan tahun depan. Kita akan bangun saringan besar untuk menyaring sampah agar tidak masuk ke dalam kota sehingga bisa dibersihkan sebelum sampai ke Manggarai," kata Anies di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, 16 November 2018.

Anies khawatir tumpukan sampah tersebut dapat merusak rumah-rumah atau lingkungan yang ada di sekitar sungai di Jakarta. Selain memasang saringan sampah di pintu air, Pemprov DKI Jakarta juga memasang sekat High Density Polyethylene (HDPE).


Saat ini, Pemprov DKI Jakarta tengah memetakan 10 titik yang masuk dalam zona merah penumpukan sampah. Sebanyak 10 lokasi itu tersebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Baca: Sampah di Pintu Air Manggarai Menumpuk

Di Jakarta Pusat, lokasi yang menjadi sorotan yakni pintu air Manggarai dan bantaran kali BKB Petamburan. Sedangkan di Jakarta Utara, zona merah berada di Kali Cagak Penjaringan, Cakung Drain Cillincing, Pintu Air 8 Tanjung Priok, dan Kali Sentiong. Di Jakarta Barat zona merah ada di Kali BKB Season City dan Kali Sekertaris.

Sementara di Jakarta Selatan ada di Saringan TB Simatupang dan Kampung Melayu Aliran Tebet. Di Jakarta Timur wilayah yang menjadi perhatian ada di Banjir Kanal Timur, Ciliwung, dan Kampung Melayu Jatinegara.

Saat musim hujan volume sampah bisa mencapai 7.250 ton per hari atau meningkat 250 ton dari hari biasa.
 



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id