Peseda menggowes pada pembukaan kembali CFD di Jakarta Pusat, Minggu, 21 Juni 2020. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Peseda menggowes pada pembukaan kembali CFD di Jakarta Pusat, Minggu, 21 Juni 2020. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Parkir Sepeda Harus Disediakan di Stasiun

Nasional sepeda transportasi
Fachri Audhia Hafiez • 21 Juni 2020 16:59
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dinilai belum cukup dalam menyentuh modernisasi transportasi umum. Fasilitas perekat di halte, stasiun, atau terminal juga mesti diperhatikan.
 
Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jakarta, Tory Damantoro, mengatakan Dewan Transportasi Kota Jakarta perlu menggodok fasilitas untuk pedestrian, pengguna sepeda, dan sebagainya di pusat pemberhentian transportasi. Hal ini bisa menggairahkan masyarakat menggunakan transportasi umum.
 
"Kalau tidak ada perekatnya seperti parkir sepeda, pedestrian, dan lain sebagainya maka orang nanti akan enggan untuk menggunakan angkutan umum," kata Tory dalam telekonferensi bertajuk 'Tren Baru Non-Motorized Transport (NMT): Apa Kata Pegiat Komunitas Transportasi?', Minggu, 21 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tory mencontohkan seperti fasilitas parkir sepeda. Fasilitas tersebut akan memudahkan pengguna menitipkan sepeda untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum.
 
Ia menambahkan sepeda diproyeksikan menjadi kendaraan masa depan. Sepeda salah satu transportasi NMT atau tidak bermotor yang diyakini semakin digemari masyarakat.
 
Forum Pengguna dan Pecinta Kereta Api (FPPKA) sependapat. Parkir sepeda di setiap stasiun di Ibu Kota akan memberi kemudahan bagi pengguna yang kesulitan membawa sepeda masuk ke dalam kereta. Fasilitas ini amat dibutuhkan, terutama saat jam-jam sibuk.
 
"Jadi mereka tidak perlu lagi yang namanya harus bawa sepeda. Misalnya dia dari Jakarta naik dari Sudirman, terus harus bawa sepeda pulang ke Bogor," kata anggota FPPKA Hadi Setiawan.
 
Baca: Pengendara Motor Melintas di Jalur Sepeda Terancam 2 Bulan Penjara
 
Hadi berharap dengan semakin modernnya transportasi di Jakarta, fasilitas penunjang turut diperhatikan. Ia berharap pemangku kepentingan bisa mewujudkan itu.
 
"Diberikan saja parkiran di dalam stasiun entah itu dia berbayar atau mungkin disediakan gratis. Saya berpikir para pengguna sepeda itu pasti akan sangat mendukung parkiran itu," ucap Hadi.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif