Situasi banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur - Medcom.id/Zaenal Arifin
Situasi banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur - Medcom.id/Zaenal Arifin

142 RW di Jakarta Masih Banjir

Nasional banjir jakarta
Cindy • 26 Februari 2020 09:43
Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 142 RW di DKI Jakarta masih terendam banjir. Ketinggian air paling tinggi di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur, 180 sentimeter.
 
"Hingga pukul 06.00 WIB, terdapat 142 RW (5,2 persen RW di DKI Jakarta masih banjir)," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta, M. Insaf di Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.
 
Insaf menyebut ketinggian air di sejumlah pintu air sudah turun status dari siaga 3 atau waspada ke siaga 4 atau normal. Status siaga 3 terpantau di pintu air Angke Hulu (180 sentimeter) dan Pasar Ikan (185 sentimeter).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara status siaga 4 berada di Katulampa, Depok, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, Waduk Pluit, Karet, Pulogadung dan Manggarai.
 
Baca: Banjir di Jakarta Mulai Surut
 
142 RW di Jakarta Masih Banjir

Warga melintas di depan rumah yang terendam banjir di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 25 Februari 2020. Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
 
Insaf mengatakan BPBD DKI Jakarta dibantu Dinas Sosial DKI dan Dinas Kesehatan DKI telah mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak banjir di posko pengungsian. Sebanyak 82 posko pengungsian didirikan di sejumlah titik di Jakarta. 
 
"Tercatat sebanyak 2.799 Kartu Keluarga (KK) atau 9.890 jiwa masih mengungsi," sambung Insaf.
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah wilayah di Jakarta dilanda hujan ekstrem pada Senin dan Selasa, 24-25 Februari 2020. Curah hujan di atas 150 mm per hari.
 
"Curah hujan tertinggi 278 mm tercatat Stasiun Meteorologi Kemayoran," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab.
 
Kondisi ini menyebabkan sebagian kawasan di wilayah Jakarta terendam banjir. Kondisi ini terjadi sejak pukul 04.00 WIB.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif