Pengunjung melihat gajah di TMR, Pasar Minggu, Jaksel, Sabtu, 22 Oktober 2021. Medcom.id/Aria Triyudha
Pengunjung melihat gajah di TMR, Pasar Minggu, Jaksel, Sabtu, 22 Oktober 2021. Medcom.id/Aria Triyudha

Pengunjung Ragunan Tembus 3.600 Orang

Nasional DKI Jakarta kebun binatang wisata jakarta PPKM Level 2 Pelonggaran Pembatasan Covid-19 Ragunan Kembali Dibuka
Aria Triyudha • 23 Oktober 2021 15:28
Jakarta: Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan (TMR) atau Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel), menembus angka 3.600 orang. Jumlah pengunjung ini berdasarkan data pihak pengelola TMR hingga Sabtu siang, 22 Oktober 2021.
 
"Tercatat 3.613 orang yang sudah masuk sampai pukul 12.00 WIB dan untuk yang sudah mendaftar sekitar 8 ribu orang," kata Staf Bagian Pelayanan Informasi TMR Bambang Wahyudi.
 
Dia belum bisa memastikan apakah 8 ribu orang pendaftar seluruhnya mengunjungi TMR. Hal ini baru bisa diketahui saat penutupan TMR pukul 14.30 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pantauan Medcom.id, pengunjung mayoritas keluarga, yaitu orang tua yang membawa anaknya tampak menikmati suasana TMR. Mereka melihat-lihat hewan-hewan dari luar kandang. Tidak sedikit yang mengabadikan momentum itu dengan kamera handphone.
 
Sementara itu, Kepala Unit Pengelola TMR, Endah Rumiyati, mengatakan TMR membatasi jumlah pengunjung hanya 25 persen atau sebanyak 15 ribu orang.
 
"25 persen atau 15 ribu orang itu dari kapasitas 60 ribu orang," ujar Endah.
 
Senada dengan Bambang, Endah menyebut, pengunjung yang terdaftar online untuk mengunjungi TMR hari ini di angka 8 ribu orang. "Sampai malam tadi yang mendaftar online 8.500 orang," kata Endah.
 
Baca: Dibuka Lagi, 8.500 Warga Daftar Masuk Ragunan
 
Menurut Endah, untuk tahap awal, TMR hanya membuka Pusat Primata Schmutzer. Hal ini bagian antisipasi penyebaran covid-19. Dia menyebut sektor lain yang juga belum dibuka antara lain wahana permainan anak.
 
"(Pembukaan) bertahap, karena mencegah pengunjung membludak dan (berisiko muncul) kasus covid-19," ujar Endah.
 
Dia memastikan pengunjung wajib menjalankan protokol kesehatan (prokes), salah satunya pemakaian masker. Sarana prokes seperti tempat mencuci tangan juga disediakan pengelola TMR.
 
Pengunjung, kata Endah, juga wajib menjaga jarak. "Pedagang makanan juga kami atur bergantian jualannya," kata Endah.
 
TMR dibuka lagi untuk pengunjung hari ini sejak ditutup Selasa, 22 Juni 2021. TMR dibuka setelah Ibu Kota berstatus PPKM level 2.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif