Pemprov Belum Tentukan Penanggung Bunga 5% Hunian DP Rp0

Nur Azizah 15 Maret 2018 06:31 WIB
hunian dp 0%
Pemprov Belum Tentukan Penanggung Bunga 5% Hunian DP Rp0
Ilustrasi: Lokasi proyek perumahan DP Rp0 yang menjadi salah satu program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta belum memastikan terkait penanggung jawab atas bunga yang ditanggung pembeli hunian DP Rp0. Berdasarkan skema pembayaran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), pembeli akan dibebankan bunga kredit sebesar 5 persen.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan belum bisa menjawab. Ia hanya menyampaikan bunga 5 persen akan flat selama 20 tahun atau selama waktu cicilan. 

"Kalau itu saya belum bisa jawab ya, yang jelas kebijakan FLPP itu (bunga) 5 persen," kata Agustino di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 14 Maret 2018.


Agustino mengaku pihaknya masih menggodok kebijakan tersebut. "Kalau siapa yang menanggung, kita belum masuk ke situ, masih digodok," imbuh dia.

Baca: Hunian DP Rp0 tak Mungkin Dibangun di Jakarta Pusat

Sementara itu, uang muka yang dibebankan kepada calon pembeli dipinjamkan Pemprov DKI Jakarta. Namun, uang tersebut harus dikembalikan secara berangsur bersama cicilan hunian. Angsuran yang ditawarkan Pemprov beragam, mulai dari 10 tahun, 15 tahun, hingga 20 tahun. 

Program FLPP merupakan program milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Program ini dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin membeli rumah dengan harga terjangkau. Dengan subsidi tersebut, MBR mendapatkan bunga rendah, yakni 5 persen, dibanding bunga pasar yang berkisar 9-13 persen. 



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id