Uji Coba Ganjil Genap Tol Jakarta-Tangerang Kurangi Kepadatan 47%
Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa di GT Kunciran II - Medcom.id/Farhan Dwitama.
Tangerang: Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa menyebut uji coba aturan ganjil genap di Tol Jakarta-Tangerang (Janger) mampu memotong kepadatan kendaraan di tol sebanyak 47 persen. Angka itu diharapkan bisa terus meningkat hingga 50 persen saat penerapan efektif di Mei 2018. 

“Hari pertama ini penggal 47 persen kepadatan,” kata dia pada wartawan di Gerbang Tol Kunciran II, Tangerang, Senin, 16 April 2018. 

Dinas Perhubungan Kota Tangerang mencatat di Gerbang Tol Kunciran II, Alam Sutera dan Gerbang Tol Tangerang II, Kebon Nanas setiap harinya dipadati 30 ribu kendaraan yang melintas.


Angka itu menurun drastis pada hari pertama uji coba aturan ganjil genap. “Pagi ini 7.000 kendaraan di Tol Kunciran II saja,” tutur dia. 

(Baca juga: Puluhan Mobil Pelat Ganjil Putar Balik di GT Tangerang II)

Royke menuturkan, berdasarkan pengalaman aturan ganjil genap di Tol Jakarta-Cikampek, pengendara lebih memilih melintasi tol dengan berangkat lebih awal, sebelum pukul 06.00 WIB. 

“Pengalaman Cikampek Bekasi, lebih banyak memilih sebelum jam 06.00 WIB atau pilihan moda umum. Animo 50 persen memilih moda umum,” ucap Royke. 

Dia berharap, uji coba aturan ganjil genap ini berjalan dengan lancar. Meski, saat ini berupa tilang belum diterapkan. 

Hari ini, uji coba aturan ganjil genap dimulai di Tol Cibubur II, Tol Tangerang II dan Tol Kunciran II. Aturan ini dibuat untuk mengurangi kepadatan kendaraan di Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang. 






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id