Sandi Klaim Tak Ada Instruksi Kumpulkan Zakat Rp1 Juta per RT

Eko Nordiansyah 03 Juni 2018 12:32 WIB
Ramadan 2018
Sandi Klaim Tak Ada Instruksi Kumpulkan Zakat Rp1 Juta per RT
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Surya Perkasa.
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyebut tak ada instruksi penarikan dana Bazis Map Gerakan Ramadan dengan nominal Rp1 juta per RT. Menurut Sandi, angka Rp1 juta hanya penafsiran Lurah Cilandak Barat.

"Enggak ada spesifik detail sampai seperti itu. Jadi itu mungkin interpretasi Lurah Cilandak Barat sendiri. Prinsipnya kembali kerelaan masing-masing. Enggak ada harus bayar segini, harus alokasi segini," kata Sandi di Jakarta, Minggu, 3 Juni 2018.

Baca: Lurah Cilandak Barat Minta Kumpulkan Zakat Rp1 Juta per RT


Sandi membantah jika imbauan untuk mengumpulkan zakat datang dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurut Sandi, Gubernur hanya mengimbau lurah se-Jakarta  menggiatkan pengumpulan zakat ke warga-warga tanpa minimal dana.

"Enggak ada juga meminta iuran, itu kan zakat. Zakat itu kan perintah Allah, masa perintah Pak Gubernur? Tapi kita ingin mengaktifkan pamong-pamong untuk mengajak masyarakat beramal soleh dengan berzakat," jelas Sandi.

Sebelumnya, Camat Cilandak, Tomy Fudihartono tak membantah ada penarikan dana sebagaimana dalam surat yang beredar di masyarakat. Tomy menyebut, pencantuman nominal Rp1 juta dimaksudkan untuk memotivasi ketua RT di wilayah mencari dana.

"Itukan hanya imbauan, kalau bisa, mencapai Rp1 juta. Kadang ada RT yang rajin, ada juga yang kurang rajin. Kadang-kadang ada RT yang dapat dua tiga orang sudah selesai," ungkap Tomy.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id