Pemprov DKI Siapkan Peluru Bius untuk Tangkap Buaya Liar

Damar Iradat 19 Juni 2018 12:22 WIB
pemprov dki
Pemprov DKI Siapkan Peluru Bius untuk Tangkap Buaya Liar
Ilustrasi buaya di perairan - ANT/Mohamad Hamzah.
Jakarta: Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni menyebut, pihaknya masih memburu buaya liar yang lepas di perairan sekitar kawasan Dermaga Tanjung Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pemprov DKI dan pihak terkait sudah menyiapkan peluru bius untuk menangkap buaya tersebut.

Darjamuni mengatakan, Pemprov dan pihak terkait seperti Kepolisian, TNI Angkatan Laut, dan pihak Margasatwa Ragunan telah membentuk tim untuk menangkap buaya tersebut. Namun demikian, ia mengaku sampai saat ini belum ada perkembangan signifikan terkait perburuan tersebut.

"Sampai kemarin sudah kita turunkan tim, tapi hasilnya belum ada sampai sekarang, apakah ditemukan atau tidak. Tapi sekarang kita pastikan masih aman," kata Darjamuni di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Juni 2018.


Menurut dia, dengan terbentuknya tim, pencarian buaya bukan lagi masalah. Apalagi, pihaknya juga telah menyiapkan regu penembak khusus.

(Baca juga: Pihak Ancol Siapkan Jaring Antisipasi Buaya Liar)

Regu penembak khusus tersebut, kata dia, tidak dibekali peluru tajam yang mematikan. Mereka disiapkan dengan peluru bius untuk melumpuhkan buaya liar itu. 

"Mudah-mudahan tidak bermasalah lagi. Seandainya masih ketemu, kita sudah punya tim dan siapkan senjata obat bius, sehingga pas tertangkap kita bawa ke Taman Margasatwa Ragunan," tandas dia. 

Seekor buaya sempat muncul ke permukaan di sekitar Pantai Utara Jakarta. Polisi meminta masyarakat segera melapor bila buaya kembali muncul ke permukaan.

Buaya liar itu berkeliaran di kawasan Dermaga Tanjung Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Buaya yang muncul sejak Kamis, 14 Juni 2018, itu hingga kini belum diketahui keberadaanya.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id