Mobil listrik. Foto: MI/Agus Mulyawan
Mobil listrik. Foto: MI/Agus Mulyawan

Pemprov DKI-Kemenhub Didesak Segera Atur Kendaraan Listrik

Nasional mobil listrik
Antara • 24 Oktober 2019 07:43
Jakarta: Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Syarif, mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI segera bersinergi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) usai pengumuman Kabinet Indonesia Maju. Kedua pihak perlu membahas aturan kendaraan listrik.
 
"Kendaraan listrik itu salah satu solusi untuk mengatasi polusi yang terjadi di Jakarta sejak beberapa bulan lalu. Karena kita, darurat polusi," kata Syarif saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2019.
 
Menurut dia, kondisi udara Jakarta yang tidak baik bukan hanya menjadi masalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tetapi juga pemerintah pusat. Kendaraan listrik pun dapat membantu menekan polisi karena tidak mengeluarkan emisi gas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov DKI, jelas dia, harus segera menyiapkan rencana pasti agar terciptanya payung hukum kendaraan listrik melenggang bebas di Ibu Kota. Saat ini, peraturan yang ada baru sebatas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta terkait pengecualian di jalur ganjil genap.
 
Syarif ingin Pemprov DKI Jakarta juga turut berpartisipasi mendukung implementasi kendaraan listrik sebagai transportasi. Pasalnya, Ibu Kota sudah ditunjuk sebagai tuan rumah Formula E pada 2020 hingga 2025 dengan dana sebesar Rp1,6 triliun untuk penyelengaraannya.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif