Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

DKI Siapkan 300 Pompa Antisipasi Banjir

Nasional banjir jakarta
Nur Azizah • 09 Oktober 2019 13:53
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 300 unit pompa mengantisipasi banjir. Pompa disebar di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.
 
"Semua pompa di lima wilayah itu sudah standby semua. Jumlah itu kita tambah lagi dengan pompa-pompa mobile yang kita taruh di lima wilayah juga karena masing-masing wilayah memiliki titik-titik genangan yang berbeda," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Oktober 2019.
 
Dinas SDA juga menyiagakan 8 ribu Pasukan Biru. Mereka ditempatkan di lima lokasi rawan tergenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka standby jika diperlukan turun ke lokasi," tambah dia.
 
Juaini menambahkan pihaknya mengeruk waduk dan kali yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI. Dia berharap Jakarta tidak kebanjiran saat hujan turun.
 
"Kita harapkan genangan cepat surut dan cepat berkurang karena dari awal sudah kita keruk. Jadi, pas ketika terjadi kita siap dengan peralatan yang kita punya dan satgas yang ada di Dinas SDA," tambah dia.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat 15 titik genangan imbas hujan deras Selasa malam, 8 Oktober 2019. Genangan tersebar di Kelurahan Cawang dua titik, Kebon baru satu titik, Pejaten Timur empat titik dan Kelurahan Pangedegan satu titik.
 
Kemudian, Kelurahan Balekambang terpantau satu titik, Kampung Melayu empat titik, dan Bidara Cina dua titik. Genangan berkisar 15 hingga 30 sentimeter dan surut sejak pukul 06.00 WIB.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif