Banjir. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
Banjir. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal

Genangan Menjamur di Jakarta Barat dan Utara

Nasional banjir jakarta
Nur Azizah • 06 Maret 2019 12:59
Jakarta: Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota sejak kemarin membuat sejumlah kawasan tergenang. Berdasarkan data dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) DKI Jakarta, genangan paling banyak terjadi di Jakarta Utara dan Barat.
 
Di Jakarta Utara, genangan muncul di 15 kelurahan dan 6 kecamatan. Beberapa diantaranya di daerah Koja, Penjaringan, Tanjung Priok, Pademangan, Pejanggalan, dan Kelapa Gading. Rata-rata genangan berkisar dari 15 sentimeter hingga 50 sentimeter.
 
Di Jakarta Barat, genangan ada di 15 kelurahan dan 6 kecamatan. Enam kecamatan itu adalah Cengkareng, Petamburan, Kalideres, Kembangan, Tambora, dan Kebon Jeruk. Ketinggian genangan berkisar dari 10 sentimeter hingga 50 sentimeter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sudah melakukan penanganan dengan melakukan penyedotan menggunakan pompa dari Dinas Sumber Daya Air," kata Kepala Diskominfotik DKI Jakarta Atika Nur Rahmania di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019.
 
Selain penyedotan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga memerintahkan pasukan oranye untuk membersihkan saluran. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana juga dilibatkan untuk menangani genangan.
 
"Pemprov juga dibantu oleh Pasukan Sarana dan Prasarana Umum kelurahan untuk membersihkan daerah terdampak," pungkas dia.
 
Dua hari belakangan, hujan memang terus turun di Jakarta. Hujan lebat melanda pada Selasa, 5 Maret 2018, dari dini hingga pagi hari. Beberapa wilayah dilanda banjir akibat intensitas hujan ini.
 
Baca: Cilincing 'Disapa' Banjir
 
Genangan air terpantau di ruas Jalan Danau Sunter, ruas jalan Sunter, Jalan PE Martadinata, serta ruas jalan Jembatan Tiga. Ketinggian air mencapai 30 sentimeter hingga 40 sentimeter
 
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih bungkam terkait banjir yang terjadi di beberapa wilayah Jakarta. Dia malah meminta rekan media untuk mengukur jumlah RT serta durasi banjirnya.
 
"Saya berharap teman-teman yang menulis, jumlah RT-nya berapa, durasinya berapa lama. Karena sensasinya enggak sebanding dengan kondisinya," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Maret 2019.
 
Anies juga tak mau berkomentar terkait rencana normalisasi dan naturalisasi sungai-sungai di Ibu Kota. "Nanti deh itu, sudah terlalu sering," tutur dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif