Dana Parpol DKI Naik 100%
ilustrasi uang/Medcom.id/M Rizal
Jakarta: Dana bantuan partai politik (parpol) di DKI naik seratus persen atau dua kali lipat. Penaikan dari Rp1.200 menjadi Rp2.400 per suara disepakati Pemprov DKI Jakarta dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta.

Anggaran di Rancangan APBD 2019 pun naik, dari Rp5,3 miliar menjadi Rp10,6 miliar. Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan kenaikan dana parpol tidak bertentangan dengan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik.

"Maka itu besaranya bisa dilipatkan. Keluar anggarannya jadi Rp2.400 per suara," ujar Taufan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin, 27 November 2018.


Anggota Banggar DPRD DKI Ashraf Ali menyebut parpol tingkat kota juga bisa merasakan bantuan tersebut. Selama ini, bantuan hanya diberikan untuk parpol tingkat provinsi.

"Kalau tingkat kota didukung juga, dia akan bergairah," kata Ashraf.

Anggota Banggar lainnya satu suara. Setelah ini, rancangan APBD DKI 2019 akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi sebelum akhirnya menjadi APBD DKI 2019.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id