DKI Bangun Dua Jenis Drainase Vertikal

Fachri Audhia Hafiez 27 November 2018 19:01 WIB
banjir jakarta
DKI Bangun Dua Jenis Drainase Vertikal
Pekerja menyelesaikan pembuatan sumur resapan air di Silang Monas, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta. Foto: MI/Galih
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun sebanyak 1.333 drainase vertikal atau sumur resapan. Terdapat dua jenis sumur yang akan dibangun untuk mencegah banjir.
 
"Sumur resapan ini ada ukuran dangkal dan juga sumur sedang," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Ricki Marojahan kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.
 
Sumur resapan dangkal memiliki kedalaman tiga sampai lima meter. Sementara sumur sedang mencapai kedalaman 30-40 meter.
 
"Total 1.300 sumur dangkal, kemudian 33 kita buat untuk sumur sedang," kata Ricki.
 
Ricki menjelaskan sumur dangkal digunakan untuk memasukkan air ke permukaan tanah yang bukan di lapisan akifer atau rongga batu-batuan.
 
"Jadi posisinya berada di bawah tanah ada rongga batu-batuan ya biasanya ada pada kedalaman 20-30 meter. Pada kedalaman ini biasanya bisa dimasukkan air pada kedalaman tiga meter," ujar dia.

Baca: Drainase Vertikal Diklaim Berhasil Diuji di Tiga Tempat

Kemudian sumur berukuran sedang, berfungsi memasukkan air sampai ke akifer. Sumur sedang tersebut, menurut Ricki, mampu mencegah penurunan lapisan tanah, lantaran terdapat lapisan pasir dan bebatuan.
 
"Tanah itu di bawah ada lapisan pasir-pasir dan batuan seperti pasir pantai. Kalau itu kering, akan mengkisut atau menyurut jadi bentuknya enggak memuai jadi lebih rapat. Kalau ada air akan mengembang, dan mampu menahan turunnya permukaan tanah," ujar dia.
 
Drainase vertikal yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan direncanakan dibangun di empat wilayah DKI Jakarta, yakni di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.




(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id