Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menjajal bus listrik Jaklingko di pelataran Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Medcom.id/Nur Azizah)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menjajal bus listrik Jaklingko di pelataran Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Medcom.id/Nur Azizah)

DKI Mulai Uji Coba Bus Listrik

Nasional pemprov dki bus listrik
Nur Azizah • 29 April 2019 10:37
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta mulai menguji coba bus TransJakarta bertenaga listrik. Ada tiga bus yang diujicobakan hari ini, Senin, 29 April 2019.
 
Ketiga bus diproduksi perusahaan Tiongkok bernama BYD dan satu bus buatan Indonesia bernama MAB. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan uji coba berlangsung hingga syarat administrasi operasional bus listrik terbit.
 
"Sekarang masih proses administrasi. Mudah-mudahan Juni, selambat-lambatnya Juli sudah selesai kemudian bisa beroperasional," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat izin operasional terkendala penetapan volume mesin (CC). Sebab, CC mesin tak tercantum dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
 
"STNK sekarang tidak ada ukuran CC nya tapi secara administrasi semuanya harus ada," ucap dia.
 
Baca juga:Luhut Ingatkan Pemda Tak Cari Kambing Hitam Soal Banjir
 
Kendati surat izin operasional belum keluar, Anies memastikan bus listrik itu aman digunakan. Untuk sementara, ketiga bus ini hanya beroperasi di sekitar Monas.
 
"Bus akan beroperasi melayani sekitar Monas sebagai ekshibisi jadi semua orang bisa mencoba dan merasakan," ujarnya.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sempat menjajal bus listrik tersebut. Ia berkeliling mulai halaman Balai Kota DKI Jakarta hingga Bundaran HI.
 
Ia terkesan karena bus listrik tak berisik. Suara mesin sangat halus dan terpenting tak mengeluarkan emisi.
 
"Saya berada di dalam bus sambil bersyukur bahwa kendaraan ini tidak mengeluarkan asap. Jadi tidak mengeluarkan efek pada kualitas udara. Insyaallah ini akan dirasakan oleh seluruh warga Jakarta," pungkas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif