Ilustrasi pedagang di lokasi binaan. Medcom.id/Christian
Ilustrasi pedagang di lokasi binaan. Medcom.id/Christian

PKL Bandel Langgar Protokol Kesehatan Siap-siap Dibubarkan

Nasional dki jakarta pkl Virus Korona pemprov dki perda
Surya Perkasa, Putri Anisa Yuliani • 20 November 2020 10:23
Jakarta: Pedagang kaki lima (PKL) di lokasi binaan (lokbin), lokasi sementara (loksem), dan lokasi lain tak luput dari pengaturan protokol kesehatan. Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Covid-19 mengancam PKL yang membandel dibubarkan.
 
Dalam Pasal 16 ayat 1 Perda Covid-19, PKL wajib melindungi kesehatan masyarakat. Termasuk menjalankan protokol pencegahan covid-19 dan membatasi interaksi dengan pengunjung.
 
"Pedagang kaki lima/lapak jajanan pada lokasi binaan, lokasi sementara serta lokasi tertentu lainnya yang tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis dan pembubaran kegiatan," tulis Pasal 16 ayat 2 Perda Covid-19 dikutip Medcom.id, Jumat, 19 November 2020

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasal 16 ayat 3 mengetur sanksi dan penegakkan hukum kepada PKL dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM bersama Satpol PP. Namun, di aturan tersebut tidak disebutkan soal sanksi denda bagi PKL yang melanggar protokol kesehatan.
 
Pemberian sanksi denda hanya diberi ruang di Pasal 16 ayat 4. Ayat tersebut menyatakan sanksi administratif lainnya akan diatur dalam peraturan gubernur.
 
Baca: Anies Teken Perda Covid-19, Aturan Mulai Berlaku
 
Sebelumnya, Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengatakan aturan tersebut ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 12 November 2020. Peraturan gubernur (pergub) turunan yang lebih rinci untuk perda tersebut sedang disusun.
 
Selama belum diterbitkan, perda akan didukung pergub yang masih berlaku. Penyusunan pergub baru untuk menyokong Perda Covid-19 diperkirakan memakan watu satu bulan.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif