Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu, 14 April 2021. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu, 14 April 2021. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Wagub: Pembelian Mobil Damkar Diusut Inspektorat

Nasional DKI Jakarta BPK Pemprov DKI Pemadam Kebakaran
Kautsar Widya Prabowo • 14 April 2021 21:16
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyebut Inspektorat DKI tengah mendalami polemik pembelian mobil pemadam kebakaran (damkar) yang melebihi harga pasar. Inspektorat telah meminta keterangan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.
 
"Sudah diminta (keterangan) pihak bagian keuangan (dan) Inspektorat," ujar Ariza di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 14 April 2021.
 
Ariza mengaku belum mengetahui hasil penelusuran Inspektorat. Ia menyerahkan sepenuhnya kasus itu kepada Inspektorat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Hasilnya) nanti disampaikan oleh Inspektorat dan dinas terkait," jelas dia.
 
Baca: Pemprov DKI Dinilai Ceroboh Beli Mobil Damkar Melebihi Harga Pasar
 
Badan Pemeriksa Keungan (BPK) DKI menemukan beberapa permasalahan dalam pengadaan mobil damkar di Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI pada APBD 2019. Pembelian mobil itu lebih mahal Rp6,5 miliar dari harga pasar.
 
BPK mencatat indikasi kerugian daerah Rp6,52 miliar dihitung dari harga kontrak dengan harga riil untuk empat item berbeda. Detail harganya, antara lain submersible Rp761,67 juta, quick response Rp3,48 miliar, penanggulangan kebakaran pada sarana transportasi kebakaran pada sarana transportasi massal (robot LUF 60) Rp844,19 juta, dan material kebakaran (robot MVF-5) Rp1,43 miliar.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif