Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Anies: Tes Covid-19 Gratis Hanya untuk Pelacakan Kontak Erat

Nasional dki jakarta Virus Korona pandemi covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 24 November 2020 15:37
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tes covid-19 gratis untuk pelacakan kontak erat. Masyarakat yang tidak kontak erat dengan pasien covid-19 tak bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.
 
“Mereka yang ditesting karena hasil tracing dilakukan secara gratis. Kalau ada warga ingin melakukan testing karena ingin tahu untuk dirinya sendiri jangan pakai uang pajak,” kata Anies dalam diskusi virtual, Selasa, 24 November 2020.
 
Anies mengimbau masyarakat datang ke rumah sakit swasta bila ingin mengetahui kondisi kesehatannya. Namun, pemeriksaannya tidak gratis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tapi yang diselenggarakan pemerintah tidak berbayar. Semuanya gratis,” ujar dia.
 
Baca: Ada Laporan Peningkatan Kasus, Tracing Covid-19 di Jakpus Ditingkatkan
 
Anies menjelaskan tes covid-19 gratis hanya untuk warga yang diduga terpapar covid-19. Tes dilakukan di 98 rumah sakit rujukan di Ibu Kota.
 
Pelacakan kontak ini salah satu upaya menekan penyebaran covid-19. Selain itu, Pemprov DKI menambah kapasitas pemeriksaan menjadi 20 ribu spesimen per hari untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19. Pengujian spesimen dilakukan di lebih dari 60 laboratorium.
 
“Kita rekrut 1.500 orang untuk melakukan tracing. Saat ini rasio kita sudah bisa sampai sekitar 12 mungkin. Setiap ada satu kasus, tracing hampir ke 12 orang,” papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif