Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pemprov DKI Gandeng Startup Tingkatkan Pelayanan Publik

Nasional dki jakarta startup pelayanan publik
Sri Yanti Nainggolan • 22 Oktober 2019 15:03
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng perusahaan startup buat meningkatkan pelayanan di Jakarta. Kolaborasi dengan menciptakan sandbox project.
 
"Tujuannya kita ingin membuat agar pelayanan dari Pemprov kepada warga itu bisa lebih efisien, agar warga bisa lebih dimudahkan dalam segala aspek," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.
 
Sandbox project dibentuk buat mengembangkan ekosistem bisnis dan layanan publik. Proyek itu bakal mendiskusikan masalah-masalah yang biasa dihadapi masyarakat dan memberikan solusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies mencontohkan bentuk kolaborasi di bidang teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) yang bisa membantu mendeteksi pembayaran pajak dengan men-scan pelat mobil. Inovasi akan sangat membantu pelayanan publik.
 
"Kemudian juga ada yang terkait dengan rumah sakit, informasi tentang fasilitas rumah sakit se-Jakarta, di mana yang masih ada kamar kosong, di mana yang penuh. Tapi dalam satu sistem informasi sehingga ketika ada orang yang membutuhkan kegentingan itu dibawa ke tempat yang juga sesuai," papar dia.
 
Anies berharap kolaborasi tersebut bisa membantu menghadapi situasi genting hingga urusan pendidikan, perizinan, dan lain-lain. Penandantangan kerja sama sudah dilakukan sejak bulan lalu. Kini, Pemprov dan perusahaan digital akan terus berdiskusi mengerjakan fasilitas pelayanan publik berbasis digital.
 
"Mudah-mudahan setelah ini kita diskusi per bidang, lalu nanti kita cari solusi," tutur dia.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif