Air merendam pemukiman warga di Kampung Duri Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 6 Januari 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Air merendam pemukiman warga di Kampung Duri Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 6 Januari 2020. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

PKS: Banjir Jakarta Juga Tanggung Jawab Pusat

Nasional banjir jakarta cuaca ekstrem Jakarta Banjir
Putri Anisa Yuliani • 17 Januari 2020 10:06
Jakarta: Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPRD DKI Jakarta membela Gubernur Anies Baswedan soal banjir. Pasalnya, pemerintah pusat dianggap juga punya andil dalam masalah ini.
 
"Banjir bukan tanggung jawab DKI saja, termasuk tanggung jawab nasional karena banjir datangnya bukan dari Jakarta," kata anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi di Jakarta, Kamis malam, 16 Januari 2020.
 
Menurut dia, hulu dari 13 sungai di Jakarta berasal dari wilayah lain. Pengendalian banjir akhirnya harus melibatkan koordinasi antardaerah yang kewenangannya ada di pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah harus diperkuat. Para pakar juga harus dilibatkan demi mengentaskan banjir yang telah menjadi bencana tahunan ini.
 
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu menilai Anies telah bekerja maksimal dalam mencegah banjir. Program pengendalian banjir, kata dia, sudah dilakukan sebelum musim hujan.
 
Dia mengeklaim penanganan banjir sudah optimal karena air lekas surut. Namun, ia menegaskan tetap ada hal yang harus dievaluasi
 
"Misalnya pascabanjir dalam sekian waktu segera selesai. Bisa dipercepat lagi berarti harus tambah pasukan, banyak libatkan masyarakat, tambah alat-alat," ungkap dia.
 

 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif