Pekerja menyelesaikan pemasangan 'steel box girder' pembangunan Jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II. Antara Foto/Risky Andrianto (Antonio)
Pekerja menyelesaikan pemasangan 'steel box girder' pembangunan Jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II. Antara Foto/Risky Andrianto (Antonio)

Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Bisa Dipakai saat Mudik 2019

Nasional infrastruktur
Ilham wibowo • 16 April 2019 07:24
Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek (Japek) II belum bisa digunakan pada musim mudik Idulfitri tahun ini. Padahal sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan penggunaan Tol Layang Jakarta-Cikampek II menjadi salah satu strategi untuk mengantisipasi padatnya arus mudik.
 
"Untuk mudik Japek elevated enggak dipakai," ujar Direktur UtamaPT Jasa Marga Desi Arryani di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 15 April 2019.
 
Desi tidak menjelaskan alasan tidak menggunkan tol layang. Tapi, dia memastikan kondisi mudik bakal aman dengan hadirnya Tol Trans Jawa. Langkah mencegah kemacetan di gerbang tol juga sudah dilakukan dengan pemantauan yang dilakukan sejak tiga bulan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Trans Jawa sudah tersambung, bahkan sudah sampai Probolinggo. Kemudian kita periksa semua gerbang-gerbangnya, kan cuma sedikit, yakni di Kali Kangkung, Banyu Manik, Warung Gunung, Gampanan, sampai ujung nanti Probolinggo. Semua gerbang itu kita periksa kapasitasnya bagaimana nih terkait kemarin traffic. Terus kita lakukan review, jadi insyaallah di gerbang tidak terjadi kemacetan antrean panjang," terangnya.
 
Baca: Jakarta-Cikampe Elevated Ditargetkan Beroperasi 2019
 
Lebih lanjut, upaya mengatasi kepadatan di musim mudik juga dilakukan dengan memindahkan gerbang tol Cikarang Utama (Cikarut) ke Cikampek. Desi bilang, hal ini dilakukan lantaran Cikarut sudah tidak bisa lagi menampung kemacetan. Apalagi, commuterline kini sudah menjangkau Karawang sehingga kawasan tersebut semakin padat.
 
"Jadi memang sudah enggak layak sehingga kita pindah. Itu yang kita yakini Jakarta-Cikampek Insyaallah aman. Karena di Cikampek traffic-nya sudah pecah, ada ke selatan, ada ke timur, jadi jauh lebih ringan. Kalau di Cikarut semua deras dari Jakarta keluar ke situ," pungkasnya.
 
Pembangunan gerbang tol pindahan ini, progresnya disebut sudah mencapai 50 persen sehingga sebelum mudik nanti sudah bisa digunakan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif