Petugas memeriksa ambulans yang tiba di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, Kamis, 10 September 2020. Foto: Antara/Galih Pradipta
Petugas memeriksa ambulans yang tiba di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, Kamis, 10 September 2020. Foto: Antara/Galih Pradipta

Prosedur Masuk Wisma Atlet Terus Dievaluasi

Nasional Virus Korona wisma atlet jakarta
Sri Yanti Nainggolan • 25 September 2020 22:39
Jakarta: Prosedur masuk Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, dinilai terlalu banyak. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengevaluasi masalah ini.
 
"Ini sedang terus kita perbaiki," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 25 September 2020.
 
Menurut dia, tahapan memang diperlukan karena menyangkut kesehatan pekerja di lingkungan tersebut, yaitu tenaga kesehatan dan petugas lainnya. Masalah ini juga menyangkut aparat keamanan dan masyarakat di sekitar RS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun kita akan terus menyempurnakan memperbaiki semua SOP (standar operasional prosedur) yang ada untuk penyederhanaan supaya lebih mudah, lebih simpel, dan lebih cepat," lanjut dia.
 
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan tempat isolasi mandiri di RSD Wisma Atlet bagi pasien covid-19 kategori orang tanpa gejala (OTG). Untuk bisa masuk, ada syarat yang harus dipenuhi.
 
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan kerja sama antara Wisma Atlet dengan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kecamatan sudah berjalan baik. Pasalnya, pasien OTG yang mau dirawat di RSD Wisma Atlet harus memiliki surat rujukan.
 
Baca: Pasien Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.289 Kasus
 
"Kalau ada kasus tanpa gejala, dengan bahwa surat dokter hasil PCR (polymerase chain reaction), dilakukan asesmen oleh tim puskesmas bersama gugus tugas RW setempat," kata Widyastuti di Jakarta, Kamis, 24 September 2020.
 
Menurut dia, puskesmas yang memutuskan apakah pasien bisa dirawat di RSD Wisma Atlet atau tidak. Mereka jugalah yang mendaftarkan pasien secara daring. Setelah itu, pasien akan mendapat surat rujukan untuk dibawa ke RSD Wisma Atlet.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif