Ilustrasi PSBB/Medcom.id/Zaenal.
Ilustrasi PSBB/Medcom.id/Zaenal.

Baru 60 Persen Warga Jakarta Taat PSBB

Nasional dki jakarta Virus Korona virus corona PSBB
Cindy • 19 Mei 2020 19:36
Jakarta: Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyebut baru 60 persen warga Ibu Kota taat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak Maret 2020. Walau tingkat ketaatan tinggi, dia berharap warga DKI semakin disiplin aturan.
 
"Angka ini melonjak signifikan dari sekitar 40 persenan menjadi 60 persen. Di antara seluruh provinsi di Jawa, lompatan di Jakarta paling tinggi," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Data tersebut diperoleh dari pelacakan telepon genggam milik warga DKI. Data dibuat oleh tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Artinya, ada keseriusan warga di Jakarta menangkis penularan dengan cara berada di rumah. Ini adalah satu kerja kolektif kita semua," ucap Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
Dia menyebut misi PSBB belum tuntas. Rasio angka reproduksi atau penularan virus korona (covid-19) masih berada di 1,11. Artinya, satu orang masih dapat menginfeksi satu orang lainnya.
 
Idealnya angka reproduksi covid-19 berada di bawah satu atau tidak ada lagi penularan. Jakarta harus menurunkan angka ini dengan tetap berada di rumah.
 
"Kalau ditanya keinginan, kita inginnya masyarakat bisa sampai 70-80 persen berada di rumah. Makin banyak yang berada di rumah, makin rendah potensi penularan," pungkas Anies.
 
Baca:PSBB Jakarta Diperpanjang Hingga 4 Juni
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 14 hari. PSBB tahap III ini bakal berlangsung mulai Jumat, 22 Mei sampai Kamis, 4 Juni 2020.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif