Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Anies Tambah Jumlah Rombongan Perjalanan Dinas

Nasional dki jakarta
Sri Yanti Nainggolan • 02 Desember 2019 15:46
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah aturan jumlah rombongan perjalanan dinas. Kini, jumlah rombongan bisa lebih dari lima orang.
 
Perubahan termaktub dalam Peraturan Gubernur Nomor 123 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Gubernur Nomor 107 Tahun 2013 tentang Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri.
 
Pasal 5 Ayat 2 menyebut perjalanan dinas dalam dan luar negeri yang dilakukan secara rombongan paling banyak lima orang termasuk pimpinan rombongan atau sesuai dokumen pendukung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anies melakukan penambahan lewat aturan di Pasal 5 ayat 2a yang berbunyi
ketentuan jumlah rombongan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikecualikan dengan persetujuan tertulis dari Gubernur atau Sekretaris Daerah sesuai tingkatannya.
 
Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Mawardi membenarkan aturan baru itu. Dia menuturkan aturan diberlakukan buat rombongan dengan jumlah banyak. Tak ada jumlah maksimal rombongan.
 
"Jadi jumlah perjalanan dibatasi lima orang, termasuk pimpinan rombongan. Namun, apabila untuk sepak bola, misi budaya, tak mesti sejumlah itu, bisa lebih," ujar dia saat dihubungi, Senin, 2 Desember 2019.
 
Ia menegaskan, penambahan mesti persetujuan pimpinan yaitu Sekretaris Daerah. Sementara buat pejabat Eselon I dan II mesti persetujuan Anies.
 
Mawardi menuturkan, nantinya penambahan berdasarkan usulan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Anggaran juga diserahkan pada SKPD.
 
"Anggaran itu berdasarkan usulan dari perjalanan dinas, ada yang program SKPD, ada yang memenuhi undangan," jelas dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif