Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan. Medcom.id/Jufriansyah.
Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan. Medcom.id/Jufriansyah.

Masjid Agung Al-Azhar Batasi Jemaah Salat Iduladha

Nasional Idul Adha
Jufriansyah • 30 Juli 2020 15:01
Jakarta: Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, menerapkan pembatasan jumlah jemaah saat salat Iduladha pada Jumat, 31 Juli 2020. Pembatasan ini untuk mempermudah jaga jarak antarjemaah di tengah pandemi covid-19.
 
"Kapasitasnya kalau normal sekitar 12 ribu sampai 15 ribu, besok setengahnya dari kapasitas normal. Ya maksimal enam ribuan (jemaah)," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Iding, di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Pengelola Masjid Agung Al Azhar juga meniadakan pelaksanaan salat Iduladha di dalam masjid. Menurut Iding, pengelola hanya menyediakan area lapangan dan parkiran masjid untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan salat Iduladha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk di dalam tidak ada, jadi kita di lapangan dan sekitar area parkir masjid ini," kata dia.
 
Baca: Jokowi Salat Iduladha di Istana Bogor
 
Lapangan dan area parkir telah dipasang penanda jarak antarjemaah sesuai standar penerapan phisical distancing dari pemerintah.
 
"Seperti kita lihat di lapangan sudah dipersiapkan saf-saf yang berjarak, sehingga kita memenuhi aspek physical distancing," jelas Iding.
 
Pengelola Masjid Agung Al-Azhar mewajibkan jemaah salat Iduladha mengenakan masker dan membawa peralatan salat sendiri seperti sajadah. Selain itu, setiap jemaah akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas yang berjaga di setiap pintu masuk.
 
"Setiap gerbang masuk itu juga ada air untuk cuci tangan," kata Iding.
 

(JMS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif