Ilustrasi vaksinasi lansia/Medcom.id
Ilustrasi vaksinasi lansia/Medcom.id

Jakarta Tetap PPKM Level 2, Kemendagri Minta Vaksinasi Dikebut

Nasional Kemendagri vaksinasi Vaksinasi covid-19 PPKM PPKM Level 2 PPKM DKI
Putri Anisa Yuliani • 25 Januari 2022 08:43
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Nomor 05 Tahun 2022 terkait perpanjangan PPKM Jawa-Bali. Dalam Inmendagri tersebut, Kemendagri memperpanjang PPKM level 2 untuk wilayah Jabodetabek dan Bali.
 
Status ini berlaku mulai hari ini hingga 31 Januari mendatang. Perpanjangan ini dilakukan di tengah mengganasnya varian baru Omicron di Jakarta.
 
Sebanyak 1.584 orang terinfeksi Omicron di Jakarta per 24 Januari 2022. Rinciannya, 1.058 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri dan 526 orang terinfeksi melalui penularan di tingkat lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengingat sebagian kasus terjadi di Jabodetabek, maka pemerintah daerah diharapkan mengakselerasi vaksinasi booster di kabupaten/kota dengan tingkat capaian vaksinasi yang sudah tinggi," kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Safrizal ZA, Jakarta, Selasa, 25 Januari 2022.
 
Baca: Waspada,Penularan Omicron Didominasi Transmisi Lokal
 
Selain itu, pemerintah daerah (pemda) diminta membujuk para lansia yang belum mendapatkan vaksinasi. Pemda serta jajarannya diharapkan bisa mengejar cakupan vaksinasi dosis 2 untuk umum dan lansia minimal 70 persen.
 
Sebelumnya, Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengisyaratkan penerapan PPKM di wilayah DKI Jakarta bakal naik level. Berdasarkan hasil penilaian sepekan terakhir, DKI Jakarta masih menyandang status PPKM Level 2.
 
"Teater perang pandemi yang terjadi di DKI Jakarta menyebabkan asesmen situasi provinsi tersebut masuk ke dalam Level 3. Namun secara aglomerasi, Jabodetabek saat ini masih pada Level 2," ucap Luhut dalam evaluasi PPKM yang disiarkan secara virtual, Senin, 24 Januari 2022.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif