Sejumlah calon penumpang KRL Commuter Line  berdiri mengantre sesuai tanda jarak fisik (physical distancing) di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Antara Foto/Arief Firmansyah
Sejumlah calon penumpang KRL Commuter Line berdiri mengantre sesuai tanda jarak fisik (physical distancing) di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Antara Foto/Arief Firmansyah

Pengguna KRL Diprediksi Melonjak Usai Libur Iduladha

Nasional dki jakarta krl New Normal
Cindy • 02 Agustus 2020 15:42
Jakarta: PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memprediksi peningkatan pengguna kereta rel listrik (KRL) terjadi Senin, 3 Agustus 2020. Lonjakan penumpang terjadi akibat libur panjang akhir panjang Hari Raya Iduladha 2020 berakhir.
 
"Diprediksi pengguna dari luar Jakarta dengan tujuan stasiun-stasiun di wilayah Jakarta akan cukup tinggi," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Minggu, 2 Agustus 2020.
 
Pihaknya mencatat pengguna KRL pada H-1 Iduladha pada Kamis, 30 Juli 2020, mencapai 409.814 pengguna. Meningkat 10 persen dibanding Kamis pekan lalu, 23 Juli sebanyak 370.948 pengguna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Hari Raya Iduladha, Jumat, 31 Juli 2020, pengguna KRL sebanyak 187.257 penumpang. Jumlah penumpang turun drastis akibat libur panjang akhir pekan.
 
PT KCI memprediksi banyak pengguna jasa yang balik mudik kembali beraktivitas menggunakan KRL pada awal pekan.
 
"Guna menghindari antrean di stasiun Senin pagi mendatang, kami mengimbau pengguna untuk kembali ke Jakarta dengan memanfaatkan kondisi KRL yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini," ujar Anne.
 
Anne menuturkan penumpukan penumpang KRL terfokus pada pukul 05.00-08.00 WIB dan 16.00 - 20.00 WIB. Selain jam sibuk itu, KRL lebih lengang dan tidak ada antrean penumpang.
 
PT KCI bertahap menambah perjalanan KRL hingga kini sudah mencapai 971 perjalanan per hari. Jumlah ini sudah maksimal dengan mempertimbangkan kapasitas angkut serta kapasitas prasarana perkeretaapian yang tersedia.
 
KCI juga melayani maksimal 74 orang per kereta agar penerapan physical distancing di dalam KRL dapat terpenuhi. Pihaknya mengimbau seluruh pengguna KRL dapat tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif