Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Masyarakat Masih Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Nasional Virus Korona PSBB
Christian • 27 Mei 2020 22:30
Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cempaka Putih menemukan masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat keluar rumah. Pelanggaran paling banyak dilakukan pengendara motor.
 
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Cempaka Putih, Aris Cahyadi mengatakan pihaknya memberikan sanksi tegas kepada warga yang nekat tidak menggunakan masker. Pemberian sanksi mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020.
 
"Kita berhentikan pengendara yang tidak pakai masker seperti di Jalan Cempaka Putih Raya, Suprapto, dan Pasar Genjing. Kami denda berupa uang yang bervariasi mulai dari Rp100 ribu hingga Rp200 ribu," ujar Aries, Jakarta, Rabu, 27 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aries menyampaikan total denda yang terkumpul dari penindakan ini mencapai Rp1,5 juta. Namun, dia mengaku ada warga yang tidak mampu bayar denda dan hukumannya diganti dengan sanksi sosial seperti membersihkan fasilitas umum.
 
"Bersihkan saluran, nyapu jalan, bersihkan halte dengan memakai seragam oranye yang telah disiapkan berikut sapu untuk menyapu," ucap Aries.
 
Baca: 6.826 Warga Jakarta Positif Covid-19
 
Aries menjelaskan sebagian besar para pengendara tidak memakai masker dengan alasan adanya informasi pelonggaran PSBB. Penindakan ini juga dilakukan kepada para pelayan rumah makan yang tidak pakai masker.
 
"Kalau yang rumah makan mereka memang tidak menyediakan tempat makan atau hanya dibungkus saja. Tapi pelayan tidak pakai masker makanya kita berikan sanksi denda," jelasnya.
 
Semua uang dari hasil denda ini dikumpulkan dan langsung dikirim ke kas daerah (Kasda) pemerintah provinsi DKI Jakarta. "Kita berikan kuitansi kepada pelanggar sebagai bukti. Penegakan ini akan terus dilakukan selama PSBB," kata dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif