Spanduk imbauan jam wajib belajar di  RW 04 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan--Metrotvnews.com/Whisnu Mardiansyah
Spanduk imbauan jam wajib belajar di RW 04 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan--Metrotvnews.com/Whisnu Mardiansyah

Saat Malam, Pelajar di Pancoran Dilarang Main Gadget & Tonton Televisi

Nasional pelajar
Whisnu Mardiansyah • 16 Agustus 2016 13:23
medcom.id, Jakarta: Pelajar yang berada di RW 04 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan tak dapat menggunakan gadget dan menikmati siaran televisi. RW 04 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan mempunyai aturan tegas melarang warganya menonton televisi dan menggunakan gadget, mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.
 
Aturan yang baru diterapkan pada 4 Agustus 2016 itu, mengacu pada Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta nomor 8 tahun 2006, tentang jam wajib belajar. Pelarangan menonton televisi dan menggunakan gadget, diterapkan kepada anak-anak usia sekolah SD-SMA agar mengoptimalkan waktu belajar di jam-jam tersebut.
 
"Program ini inisiatif dari Camat Kecamatan Pancoran. Pak Camat menugaskan kawasan khusus untuk program wajib belajar," kata Ahmad Baehaqi, Lurah Pancoran saat ditemui Metrotvnews.com, di kantornya, Jalan Pancoran Barat II, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Baehaqi, RW 04 Kelurahan Pancoran, Kecamatan Pancoran menjadi kawasan percontohan wajib belajar yang dipilih, karena mempunyai karakteristik yang berbeda dengan dengan RW lain. Di RW tersebut banyak anak-anak yang masih mengenyam pendidikan sekolah.
 
RW 04 Kelurahan Pancoran sendiri terdiri dari 11 RT dengan jumlah 1.034 kepala keluarga. Untuk mengintensifkan program tersebut Kelurahan Pancoran bekerja sama dengan Polisi, Koramil, dan Satpol PP.
 
Saat Malam, Pelajar di Pancoran Dilarang Main <i>Gadget</i> & Tonton Televisi
Suasana di RW 04 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan--Metrotvnews.com/Whisnu
 
Mekanisme pemantauannya, pejabat dari kelurahan dibantu dengan unsur tiga pilar tadi akan berkeliling. Jika ada anak-anak berada di luar rumah, mereka akan disuruh pulang. Dan jika terdengar suara televisi mereka diminta mematikan. Untuk pemantauan sehari-harinya akan diserahkan kepada masing-masing Ketua RT setempat. "Tetapi pemantauan ini sifatnya mendadak, kalau diberi tahu ada pemantauan mereka pada di rumah semua dong," ujar Baehaqi.
 
Targetnya, seluruh RW di Kelurahan Pancoran akan diterapkan program ini. Sambil melihat hasil evaluasi di RW 04 selama sebulan program ini berjalan. "Sejauh ini orangtua menanggapi positif program ini. Kita lihat kalau maghrib jalan-jalan sudah sepi," jelas Baehaqi.
Saat Malam, Pelajar di Pancoran Dilarang Main <i>Gadget</i> & Tonton Televisi
Suasana di RW 04 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan--Metrotvnews.com/Whisnu.
 
Pantauan Metrotvnews.com saat menyambangi RW 04, terdapat spanduk imbauan jam wajib belajar terpampang di gang masuk RW 04. Sejumlah fasilitas-fasilitas seperti lapangan bulutangkis, voli, dan PAUD tersedia di kawasan ini.
 
Menurut keterangan Eko Ketua RT 04/04, warganya sudah mulai terbiasa dengan program wajib belajar dan larangan penggunaan gadget dan menonton televisi. Dengan sendirinya, menjelang maghrib warga masuk ke rumah dan memantau anaknya untuk belajar malam.
 
"Sekarang sudah mulai pada sadar sendiri, ya meskipun ada satu-dua warga enggak patuh kan mereka malu sendiri," kata Eko.
 

(YDH)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif