Daun Katinon Tersebar di Jawa
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Heru Winarko mememusnahkan narkoba - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Heru Winarko mengungkapkan peredaran narkotika jenis tumbuhan katinon berpotensi tersebar di tanah air. Salah satunya di pulau Jawa.

"Penyebarannya di mana saja tergantung lahannya yang memungkinkan untuk ditanam. Di Jawa ada, di luar Jawa ada," kata Heru di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu, 30 Mei 2018.

Heru menambahkan tumbuhan katinon ini biasa ditanam di iklim yang dingin. "Seperti di daerah Puncak (Jawa Barat)," imbuh Heru.


Dia mengimbau masyarakat agar melapor jika menemukan tanaman yang mencurigakan. Hal itu guna menekan maraknya peredaran narkotika di dalam negeri.

"Kalau ada tanaman-tanaman yang mencurigakan seperti katinon untuk dilaporkan ke pihak berwajib. Seperti Polisi, TNI, Bintara Pembina Desa (Babinsa), maupun BNN di provinsi," pungkas Heru.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengungkapkan Indonesia masih menjadi incaran untuk peredaran narkotika jenis katinon. Hal ini mengingat kondisi iklim Indonesia yang cocok untuk menumbuhkembangkan katinon. 

"Jelas terdapat pasar katinon di sini. Ya, kemungkinan untuk masuknya pasar katinon pasti terjadi. Oleh karena itu kami mulai melakukan pencegahan," ujar Arman.

(Baca juga: BNN Pastikan Daun Katinon Masuk Kategori Narkoba)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id