Longsor di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ANTARA/Reno Esnir
Longsor di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ANTARA/Reno Esnir

Polisi Selidiki Longsor di Ciganjur Jaksel

Nasional longsor bencana dki jakarta
Putri Anisa Yuliani • 31 Oktober 2020 17:23
Jakarta: Peristiwa longsor di Perumahan Melati Residence, Jalan Damai Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, dalam penyelidikan Polres Metro Jakarta Selatan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghentikan pembenahan area longsor agar tak menghalangi proses penyelidikan.
 
"Saya khawatir menghilangkan bukti. Jadi untuk Anak Kali Setu yang ada di situ kami tidak apa-apakan meski sebetulnya belum sepenuhnya kembali ke sedia kala," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan Mustajab saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu, 31 Oktober 2020.
 
Pihaknya telah membuat aliran kali pengganti. Sodetan tersebut diharapa bisa menampung debit air Anak Kali Setu untuk berjaga-jaga jika debit meningkat saat hujan deras tiba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pembangunan turap permanen dan perbaikan rumah warga yang rusak menunggu kesepakatan pihak pengembang dengan warga. Ganti rugilongsor
bakal ditanggung pengembang.
 
"Saya tidak tahu-menahu," ungkap Mustajab.
 
Baca: Pengembang Penyebab Longsor di Ciganjur Terancam Sanksi
 
Pada Kamis, 8 Oktober 2020, dinding turap pembatas Perumahan Melati Residence longsor tergerus aliran Anak Kali Setu. Longsor diduga tak hanya disebabkan faktor alam, tetapi juga disebabkan kelalaian pengembang.
 
Dinding turap yang dibangun tegak serta berada di bibir kali. Padahal, seharusnya ada jarak antara bangunan dengan kali sesuai dengan aturan garis sempadan sungai.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif