Ilustrasi. Balai Kota DKI Jakarta. Foto: Antara/M Adimaja
Ilustrasi. Balai Kota DKI Jakarta. Foto: Antara/M Adimaja

DKI Siapkan Tim Hukum Hadapi Gugatan Korban Banjir

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Theofilus Ifan Sucipto • 17 Januari 2020 17:08
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menghadapi gugatan korban banjir. Pemprov DKI menyiapkan tim bantuan hukum.
 
"Tim bantuan hukum ada 12 orang," kata Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhanah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Yayan mengatakan jumlah anggota tim hukum kemungkinan bertambah. Sementara ini, anggota tim hukum yang ada bakal berbagi peran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lima ke pengadilan (PN Jakarta Pusat), satu ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara), dibagi-bagi saja (tugasnya)," ujar Yayan.
 
Yayan mengatakan Pemprov DKI belum menerima gugatan kelompok atau class action yang telah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Yayan menyebut ada proses dalam penerimaan berkas gugatan tersebut.
 
"Kemungkinan minggu depan kami terima berkas gugatannya," tutur Yayan.
 
Tim advokasi banjir Jakarta resmi menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas banjir yang menimpa Ibu Kota di awal 2020. Gugatan kelompok atau class action itu resmi didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
 
"Inti gugatan kami ini ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan dasar gugatan karena lalai dalam menjalankan kewajiban hukumnya," kata juru bicara Tim Advokasi Banjir Jakarta Azas Tigor Nainggolan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, melansir Antara, Senin, 13 Januari 2020.
 
Gugatan itu teregistrasi dengan nomor perkara 27/Pdt.GS/ClassAction/2020/PN.Jkt.Pst. Azas mengatakan, 243 orang mengeklaim mengalami kerugian dengan total nominalnya Rp42,33 miliar.
 
Gugatan ini bukan yang pertama kali bagi Pemprov DKI. Pada 2007, Pemprov DKI pernah digugat Jaringan Korban Banjir Jakarta. Saat itu, Pemprov menang di tingkat pengadilan tinggi negeri terkait masalah banjir di Jakarta Pusat.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif